Ketahui 5 Benda di Kamar Hotel yang Menyimpan Banyak Kuman

Ada banyak orang yang sudah menginap di kamar hotel yang akan Anda tempati. Jadi, tak heran jika tamu sebelumnya meninggalkan kuman di kamar hotel tersebut. Jika Anda bisa melihat kuman-kuman ini, bisa jadi Anda kaget tempat dan benda yang ternyata "dihuni" banyak kuman.

Kamar Hotel

Perlu diingat rata-rata setiap petugas kebersihan harus membersihkan 14 hingga 16 kamar dalam shift kerja delapan jam. Jadi tidak ada cukup waktu bagi petugas kebersihan hotel untuk benar-benar membersihkan seluruh kamar dengan detail. Rata-rata per kamar hanya dibersihkan dalam waktu 30 menit, tergantung saat hotel dalam kondisi ramai tamu atau tidak.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memberikan uang tip kepada petugas kebersihan jika Anda merasa puas dengan kebersihan dan kerapian kamar Anda. Walau begitu, kuman-kuman di kamar hotel dipandang tidak terlalu berbahaya.

Kemungkinan jatuh sakit akibat kuman yang "ditinggalkan" tamu sebelumnya sangat kecil. Namun tetap ada baiknya Anda memperhatikan kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan dengan sabun. Hanya saja, perhatikan lima benda di kamar hotel berikut ini. Beberapa penelitian menyebutkan kelima benda ini tampak bersih tetapi ternyata "kotor" karena banyak menyimpan kuman.

Remote televisi

Bisa dipastikan, tamu pasti menggunakan fasilitas televisi saat bersantai. Jadi remote televisi bisa jadi barang yang "jorok". Ada ratusan tangan yang sudah menyentuh remote televisi dan jarang masuk dalam daftar barang yang dibersihkan petugas. Jim Inglis, Program Director of Hospitality dari Valencia College, pada 2015 menuturkan pada Click Orlando bahwa pengendali remote biasanya masuk dalam daftar nomor satu barang paling kotor di kamar hotel.

Hal ini juga senada dengan temuan dari tim peneliti University of Houston, Purdue University, dan University of South Carolina. Setelah meneliti berbagai barang di kamar-kamar hotel di Texas, Indiana, dan South Carolina, hasil penelitian pada 2012 tersebut menyebutkan bahwa remote televisi, selain toilet dan wastafel, adalah benda dengan kontaminasi bakteri tingkat tinggi.

Gelas minum

Hotel biasanya menyediakan gelas minum dalam kamar tamu. Ada baiknya Anda membersihkan gelas tersebut sebelum menggunakannya. Apalagi jika gelas tersebut diletakkan di kamar mandi.   Sebuah studi pada tahun 2018 menyebutkan menyiram toilet dapat mengontiminasi permukaan lainnya yang ada di sekitar toilet. Dalam sebuah artikel di Time, jika gelas (atau permukaan yang serupa lainnya seperti alat pembuat kopi) tidak disterilisasi dengan disinfektan (bukan sekadar dilap dengan kain), benda-benda ini menjadi rumah bagi kuman.


Lampu atau sakelar lampu

Penelitian yang sama dengan bakteri di remote televisi juga menyebutkan bahwa kontaminasi bakteri yang tinggi juga terjadi pada sakelar lampu meja di banyak kamar hotel. HuffPost juga memuat artikel pada 2018 bahwa sakelar lampu terutama yang berada di kamar mandi, "mengoleksi" bakteri akibat banyaknya tangan yang menyentuh sakelar.

Peralatan housekeeping

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa troli housekeeping yang memuat berbagai peralatan kebersihan, menyimpan banyak bakteri. Ini kesannya memang tidak berada di dalam kamar. Namun, petugas kebersihan harus masuk ke dalam kamar setiap harinya untuk membersihkan kamar, sehingga resiko perpindahan kontaminasi bakteri menjadi tinggi. Sebut saja seperti pel, sponge, hingga lap yang dipakai untuk membersihkan kamar sebelumnya, kembali digunakan untuk kamar-kamar berikutnya.

Duvet

Petugas biasanya mengganti sprei saat kamar berganti tamu. Namun proses pergantian tamu begitu cepat, apalagi di musim ramai pengunjung, sehingga mencuci duvet (selimut tebal) yang berat dan lebar bukanlah hal yang mudah. Ketika seseorang tidur, tubuhnya mengeluarkan minyak dan sel-sel kulit, sehingga tempat tidur dipenuhi bakteri dari tubuh manusia.

Reneta McCarthy, seorang dosen dari Cornell University’s School of Hotel Administration, pada 2011 menyebutkan kepada CNN bahwa ada kemungkinan bedspread (duvet, bed cover, bed runner, dan lapisan kain di atas tempat tidur lainnya) diganti hanya empat kali dalam setahun. Jadi, seperti diungkapkan Kelly Reynolds, associate professor kesehatan lingkungan dari University of Arizona, kepada majalah Time, jika ingin menjauhi kuman di tempat tidur, jangan gunakan duvet. Anda bisa menaruhnya di kursi. Reynolds juga menuturkan karpet dipenuhi dengan kuman. Itulah sebaiknya Anda gunakan sandal hotel jika tersedia. Atau, bawa sandal Anda sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahui 5 Benda di Kamar Hotel yang Menyimpan Banyak Kuman"

Post a Comment