Aplikasi Linux Bisa Dijalankan dengan Chrome OS

Google terus menambah kemampuan Chrome OS-nya, yaitu dengan menambah kompabilitas aplikasi yang bisa dijalankannya.

Dalam pembaruan terbarunya, Chrome OS bisa menjalankan aplikasi Linux yang saat ini sudah bisa dicoba di Google Pixelbook. Ke depannya pembaruan ini akan dihadirkan juga ke perangkat Chrome OS lainnya.

Linux di Chrome OS

Sebelumnya, Chrome OS sudah bisa menjalankan aplikasi Android, namun dengan dukungan terhadap aplikasi Linux, berarti Chrome OS kini bisa menjalankan aplikasi yang benar-benar dibuat untuk perangkat desktop, bukan aplikasi untuk perangkat mobile yang diadaptasi ke perangkat desktop.

Menurut Kan Liu, Director of product management Chrome OS, pengguna bakal bisa menjalankan sejumlah alat, editor, dan lingkungan pengembangan terintegrasi milik Linux langsung di Chromebook. Caranya menginstalnya pun tak sulit, cukup menginstal layaknya perangkat Linux lain.

"Kami memberikan lingkungan aplikasi Linux di dalam sebuah security sandbox, berjalan di dalam virtual machine," ujar Liu.

Hal ini membuat aplikasi Linux tersebut bisa berjalan seiring aplikasi lain dari Android atau pun aplikasi web bawaan Chrome OS.

Meski begitu, perlu dicatat bahwa kehadiran aplikasi Linux di Chrome OS ini masih berada dalam tahap awal. Dan bukan berarti aplikasi Linux ini ditawarkan sebagai default dalam Chrome OS, melainkan pengguna harus menyalakan dukungan ini secara manual.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Linux Bisa Dijalankan dengan Chrome OS"

Post a Comment